Sabtu, 05 Mei 2012

Windows XP Masih Menjadi “Idola” Para Pengguna PC

Windows XP Masih Menjadi “Idola” Para Pengguna PC

Sistem operasi dari Microsoft memang selalu dikembangkan agar mempunyai kemampuan yang lebih baik. Windows XP adalah salah satu versi sistem operasi besutan raksasa software tersebut yang bisa dibilang paling “awet”. Banyak para pengguna PC yang masih setia memakai sistem operasi Windows XP, meskipun sudah diluncurkan dalam waktu yang cukup lama. Hingga tahun ini Windows XP telah “berumur” 11 tahun dan tetap bisa mengungguli Windows 7 dalam jumlah penggunaannya saat ini.
windows xp Windows XP Masih Menjadi Idola Para Pengguna PC
Seperti dikutip dari situs teknologi CNet, sebuah lembaga riset yang bernama Net Application memberikan laporan bahwa hingga kini sistem operasi Windows XP masih mendominasi pasaran. Meskipun di sisi lain telah ada indikasi kenaikan penggunaan sistem operasi yang lebih baru yaitu Windows 7. Dalam laporan itu disebutkan bahwa hingga bulan April tahun 2011 pangsa pasar untuk Windows XP sempat menyentuh angka 55,84 persen, sedangkan Windows 7 dengan pangsa pasar yang masih cukup jauh dibawahnya sebesar 26,36 persen.
Sedangkan hingga April tahun 2012 pangsa pasar Windows 7 mengalami kenaikan yang lumayan besar menjadi 38,67%. Sedangkan pangsa pasar Windows XP tetap “bertahan” di angka 46,08%, yang bisa dibilang penurunan yang kecil mengingat sudah ada Windows 7 yang dirilis cukup lama yang ditujukan untuk menggantikan Windows XP. Kenaikan pangsa pasar yang cukup besar dari Windows 7 dan penurunan pangsa pasar yang relatif kecil bagi Windows XP menunjukkan bahwa kedua sistem operasi besutan Microsoft tersebut masih sama-sama diminati oleh para pengguna komputer.
Sebenarnya untuk “migrasi” dari Windows XP ke Windows 7 bukanlah hal yang sulit bagi para pengguna personal meskipun tidak ada fitur khusus yang memudahkan pengguna untuk melakukan proses upgrade tersebut. Namun kesulitan justru dialami oleh pengguna komputer yang bersifat masal atau corporate. Karena migrasi sistem operasi pada sebuah perusahaan tidak bisa dilakukan begitu saja, mengingat banyaknya aplikasi yang digunakan serta beberapa perangkat keras yang belum tentu kompatibel dengan sistem operasi baru.
Banyaknya jumlah komputer juga menjadi kendala lain bagi pihak korporasi untuk melakukan upgrade sistem operasi komputer. Namu tetap saja harus dilakukan, karena jika tidak maka sebuah perusahaan tentu saja akan tertinggal secara teknologi. Belum lagi Microsoft sudah mengumumkan bahwa support untuk sistem operasi Windows XP akan dihentikan dalam waktu dua tahun lagi, karena memang waktu penggunaannya sudah cukup lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar