Selasa, 08 Mei 2012

Trend 2012 : Nyatanya Dunia Maya

Trend 2012 : Nyatanya Dunia Maya


 

Dunia maya semakin hari sudah semakin menjadi elemen yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Segala kemudahan yang diberikannya, mulai dari mencari informasi, menemukan teman baru bahkan menjadi terkenal dengan cepat menjadi salah satu alasan mengapa dunia maya begitu digemari oleh hampir seluruh orang di seluruh dunia.

Trend ini juga mengalami peningkatan yang signifikan, berdasarkan laporan yang dirilis oleh emarketer diperkirakan para tahun 2012, jumlah pengguna situs jejaring sosial dapat mencapai 1,43 miliar orang, mengalami peningkatan 20% dibanding 2011. Ini berarti, pada tahun 2012 satu dari lima orang di dunia sudah menggunakan media sosial. Dan kemungkinan besar akan mengalami peningkatan lagi di tahun-tahun berikutnya.

Diantara sekian banyak media sosial yang diberikan oleh dunia maya pada masyarakat, ada beberapa situs (kebanyakan jejaring sosial) yang sangat mendominasi sebagai situs yang paling sering dikunjungi. Kebanyakan memang situs jejaring sosial karena dengan jejaring sosial orang-orang dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari belahan Bumi mana pun, tanpa perlu memikirkan jauhnya jarak diantara mereka.

Berikut adalah beberapa situs yang paling sering diakses di dunia.

#1. Google

Google merupakan salah satu mesin pencari (search engine) yang paling sering diakses diseluruh dunia, mengalahkan Yahoo! dan Live Search. Sesuai gunanya yaitu sebagai mesin pencari, kemampuan Google yang memiliki miliaran web untuk menyaring situs-situs yang diinginkan hanya dengan beberapa kata kunci menjadi nilai lebih situs ini.

Selain sebagai mesin pencari, Google juga telah ditambahkan beberapa fitur baru seperti layanan web gratis yang dinamakan Gmail (Google mail) dan program pemetaan melalui satelit dan fotografi udara yang interaktif dan mencakup keseluruhan Planet Bumi yang dinamakan Google Earth.


#2. Facebook


Dalam dunia jejaring sosial dapat dikatakan kalau facebook merupakan situs yang paling mendominasi persaingan antar situs jejaring sosial. Khususnya di Indonesia yang pada akhir tahun 2011 yang tercatat memiliki pengguna facebook hingga 41juta pengguna, hal ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kedua dengan jumlah pengguna facebook terbanyak dibawah Amerika Serikat yang memiliki pengguna facebook sampai 157juta pengguna.

Dari banyaknya pengguna facebook di Indonesia, maka tidak mengherankan jika facebook terkadang digunakan sebagai media untuk bertemu kembali dengan teman lama atau bahkan teman baru yang berada di daerah yang jauh dari tempat tinggal si pengguna. Selain itu fitur chat yang diberikan facebook seakan mengalahkan Yahoo Messager yang hanya memang dikhususkan untuk chatting, berbeda dengan facebook yang bisa melakukan tukar-menukar foto (sistem tag photo) dan memberikan komentar di status serta chatting. Dengan segala macam fitur yang ditampilkan facebook serasa menjadi ajang untuk eksis beberapa orang (khususnya remaja).

#3. Twitter
Twitter merupakan situs mikro-blogging, berbeda dengan jejaring sosial seperti facebook yang bertujuan untuk mempertemukan orang dari belahan dunia manapun. Situs mirko-blogging seperti twitter lebih mengutamakan untuk menyebarkan berita. Dengan metode yang dinamakan tweet seseorang dapat menyebarkan sebuah berita dengan cepat ke dunia maya (dalam hal ini situs twitter), dan kadar kepopuleran berita tersebut dapat dilihat di bagian Trending Topics yang mana akan menampilkan kata kunci yang paling sering dikicaukan/di-tweet oleh mayoritas pengguna twitter tersebut.

Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara dengan pemilik akun twitter terbanyak dibelakang negara-negara seperti Inggris Raya (peringkat empat), Amerika Serikat (peringkat tiga), Brasil (peringkat kedua) dan Jepang (peringkat pertama). Namun jika dilihat dari keaktifan, maka Indonesia merupakan negara yang paling aktif di situs twitter. Jika dalam satu periode akun seluruh dunia 'hanya' men-tweet sampai 27% dari tweet yang beredar, maka Indonesia mencatatkan rekor sampai 28% tweet dunia yang beredar dalam satu periode (periode mulai dari 1 September hingga 30 November 2011). Hal ini menjadikan para pengguna twitter dari Indonesia dapat 'seenaknya' memainkan rangking Trending Topics dunia.

#4. Blog

Jika mendengar kata blog maka situs yang terpikirkan langsung ialah situs blogger.com, hal itu tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah, karena ada situs lainnya yang berbasiskan blog yang dinamakan wordpress. Meskipun berbeda nama dan domain, hal yang membedakan hanyalah fitur-fitur dan kemudahan yang diberikan oleh masing-masing situs, tanpa menepikan fungsi utamanya sebagai sarana blogging dan menuliskan ide kreatif berbentuk tulisan, gambar dan video.

Blog menjadi semakin terkenal di Indonesia ketika beberapa blogger yang kini terkenal memulai popularitas mereka menjadi selebblogger, sebut saja Raditya Dika, Bena Kribo dan Alit Susanto. Ketiga tokoh tersebut sering disebut sebagai stimuli awal munculnya beberapa blogger di Indonesia.

Selain menjadi ajang untuk mengasah kemampuan menulis, melalui blogging para blogger (sebutan para pengguna blog) dapat mendapatkan beberapa teman baru sesama blogger dan ikut dalam berbagai lomba menulis blog yang diselenggarakan beberapa pihak tertentu. Antara lain lomba yang diselenggarakan oleh Arwuda Indonesia (Social Media Agency).


Kesimpulan

Dunia maya sekarang telah menjadi dunia yang 'nyata' bagi beberapa orang, khususnya di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengakses beberapa situs media sosial ternama yang berasal dari Indonesia. Hal ini sebenarnya berdampak positif karena generasi muda Indonesia sudah mulai melek dengan perkembangan teknologi informatika dunia dan bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Namun, jika terlalu sering berselancar di dunia maya, terkadang dapat berdampak buruk bagi beberapa individu yang beresiko menyebabkan mereka menjadi pribadi yang soliter di dunia nyata dan hanya tampak 'hidup' di dunia maya.

Sebaiknya per individu memang menyeimbangkan kehidupannya, antara dunia nyata dan dunia maya agar dapat menikmati hidup ini dengan lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar