Trend 2012 : Nyatanya Dunia Maya
Dunia
maya semakin hari sudah semakin menjadi elemen yang tidak dapat
dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Segala kemudahan yang
diberikannya, mulai dari mencari informasi, menemukan teman baru bahkan
menjadi terkenal dengan cepat menjadi salah satu alasan mengapa dunia
maya begitu digemari oleh hampir seluruh orang di seluruh dunia.
Trend ini juga mengalami peningkatan yang signifikan, berdasarkan laporan yang dirilis oleh emarketer
diperkirakan para tahun 2012, jumlah pengguna situs jejaring sosial
dapat mencapai 1,43 miliar orang, mengalami peningkatan 20% dibanding
2011. Ini berarti, pada tahun 2012 satu dari lima orang di dunia sudah
menggunakan media sosial. Dan kemungkinan besar akan mengalami
peningkatan lagi di tahun-tahun berikutnya.
Diantara
sekian banyak media sosial yang diberikan oleh dunia maya pada
masyarakat, ada beberapa situs (kebanyakan jejaring sosial) yang sangat
mendominasi sebagai situs yang paling sering dikunjungi. Kebanyakan
memang situs jejaring sosial karena dengan jejaring sosial orang-orang
dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang dari belahan Bumi mana
pun, tanpa perlu memikirkan jauhnya jarak diantara mereka.
Berikut adalah beberapa situs yang paling sering diakses di dunia.
#1. Google
Google merupakan salah satu mesin pencari (search engine)
yang paling sering diakses diseluruh dunia, mengalahkan Yahoo! dan Live
Search. Sesuai gunanya yaitu sebagai mesin pencari, kemampuan Google
yang memiliki miliaran web untuk menyaring situs-situs yang diinginkan
hanya dengan beberapa kata kunci menjadi nilai lebih situs ini.
Selain sebagai mesin pencari,
Google juga telah ditambahkan beberapa fitur baru seperti layanan web
gratis yang dinamakan Gmail (Google mail) dan program pemetaan melalui
satelit dan fotografi udara yang interaktif dan mencakup keseluruhan
Planet Bumi yang dinamakan Google Earth.
#2. Facebook
Dalam dunia jejaring sosial dapat dikatakan kalau facebook merupakan situs yang paling mendominasi persaingan antar situs jejaring sosial. Khususnya di Indonesia yang pada akhir tahun 2011 yang tercatat memiliki pengguna facebook hingga 41juta pengguna, hal ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kedua dengan jumlah pengguna facebook terbanyak dibawah Amerika Serikat yang memiliki pengguna facebook sampai 157juta pengguna.
Dari banyaknya pengguna facebook di Indonesia, maka tidak mengherankan jika facebook terkadang digunakan sebagai media untuk bertemu kembali dengan teman lama atau bahkan teman baru yang berada di daerah yang jauh dari tempat tinggal si pengguna. Selain itu fitur chat yang diberikan facebook seakan mengalahkan Yahoo Messager yang hanya memang dikhususkan untuk chatting, berbeda dengan facebook yang bisa melakukan tukar-menukar foto (sistem tag photo) dan memberikan komentar di status serta chatting. Dengan segala macam fitur yang ditampilkan facebook serasa menjadi ajang untuk eksis beberapa orang (khususnya remaja).
#3. Twitter
Twitter
merupakan situs mikro-blogging, berbeda dengan jejaring sosial seperti
facebook yang bertujuan untuk mempertemukan orang dari belahan dunia
manapun. Situs mirko-blogging seperti twitter lebih mengutamakan untuk
menyebarkan berita. Dengan metode yang dinamakan tweet seseorang dapat
menyebarkan sebuah berita dengan cepat ke dunia maya (dalam hal ini
situs twitter), dan kadar kepopuleran berita tersebut dapat dilihat di
bagian Trending Topics yang mana akan menampilkan kata kunci yang paling sering dikicaukan/di-tweet oleh mayoritas pengguna twitter tersebut.
Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara dengan pemilik akun twitter terbanyak dibelakang negara-negara seperti Inggris Raya (peringkat empat), Amerika Serikat (peringkat tiga), Brasil (peringkat kedua) dan Jepang (peringkat pertama). Namun jika dilihat dari keaktifan, maka Indonesia merupakan negara yang paling aktif di situs twitter. Jika dalam satu periode akun seluruh dunia 'hanya' men-tweet sampai 27% dari tweet yang beredar, maka Indonesia mencatatkan rekor sampai 28% tweet dunia yang beredar dalam satu periode (periode mulai dari 1 September hingga 30 November 2011). Hal ini menjadikan para pengguna twitter dari Indonesia dapat 'seenaknya' memainkan rangking Trending Topics dunia.
Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, Indonesia menempati peringkat kelima sebagai negara dengan pemilik akun twitter terbanyak dibelakang negara-negara seperti Inggris Raya (peringkat empat), Amerika Serikat (peringkat tiga), Brasil (peringkat kedua) dan Jepang (peringkat pertama). Namun jika dilihat dari keaktifan, maka Indonesia merupakan negara yang paling aktif di situs twitter. Jika dalam satu periode akun seluruh dunia 'hanya' men-tweet sampai 27% dari tweet yang beredar, maka Indonesia mencatatkan rekor sampai 28% tweet dunia yang beredar dalam satu periode (periode mulai dari 1 September hingga 30 November 2011). Hal ini menjadikan para pengguna twitter dari Indonesia dapat 'seenaknya' memainkan rangking Trending Topics dunia.
#4. Blog
Jika mendengar kata blog maka situs yang terpikirkan langsung ialah situs blogger.com, hal itu tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah, karena ada situs lainnya yang berbasiskan blog yang dinamakan wordpress. Meskipun berbeda nama dan domain, hal yang membedakan hanyalah fitur-fitur dan kemudahan yang diberikan oleh masing-masing situs, tanpa menepikan fungsi utamanya sebagai sarana blogging dan menuliskan ide kreatif berbentuk tulisan, gambar dan video.
Blog menjadi semakin terkenal di Indonesia ketika beberapa blogger yang kini terkenal memulai popularitas mereka menjadi selebblogger, sebut saja Raditya Dika, Bena Kribo dan Alit Susanto. Ketiga tokoh tersebut sering disebut sebagai stimuli awal munculnya beberapa blogger di Indonesia.
Selain menjadi ajang untuk mengasah kemampuan menulis, melalui blogging para blogger (sebutan para pengguna blog) dapat mendapatkan beberapa teman baru sesama blogger dan ikut dalam berbagai lomba menulis blog yang diselenggarakan beberapa pihak tertentu. Antara lain lomba yang diselenggarakan oleh Arwuda Indonesia (Social Media Agency).
Kesimpulan
Dunia maya sekarang telah menjadi dunia yang 'nyata' bagi beberapa orang, khususnya di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengakses beberapa situs media sosial ternama yang berasal dari Indonesia. Hal ini sebenarnya berdampak positif karena generasi muda Indonesia sudah mulai melek dengan perkembangan teknologi informatika dunia dan bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Namun, jika terlalu sering berselancar di dunia maya, terkadang dapat berdampak buruk bagi beberapa individu yang beresiko menyebabkan mereka menjadi pribadi yang soliter di dunia nyata dan hanya tampak 'hidup' di dunia maya.
Sebaiknya per individu memang menyeimbangkan kehidupannya, antara dunia nyata dan dunia maya agar dapat menikmati hidup ini dengan lebih maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar