Selasa, 29 Mei 2012

Tips Tampil Menawan di Kelas Matematika

Tips Tampil Menawan di Kelas Matematika

Bisa dibayangkan ketika berada di kelas matematika (pelajaran matematika), sudah pelajarannya angka-angka melulu (yang membuat pusing) sang guru yang membawakannya tidak  sedap dipandang mata, pasti membosankan. Nah, mari buat anak didik menyukai pelajaran matematika melalui berbagai upaya. Selain pembawaan materi yang enak dan mudah dimengerti oleh anak, penampilan juga perlu menjadi perhatian guru ketika memberikan materi pelajaran matematika.
Tampil Menawan
di Kelas Matematika
foto: valentinonapitupulu.com
 
Tampil menawan tidak berarti harus berwajah cantik atau ganteng (kalau soal ini kan sudah takdir Tuhan...hehehehe....), akan tetapi bagaimana kita bisa tampil anggun dan menawan serta sedap dipandang mata dengan keadaan kita.  Dengan kata lain mengoptimalkan kondisi fisik kita yang merupakan anugerah terindah dari Yang Maha Kuasa, sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan tentunya. 
Berikut tips tampil menawan bagi para guru saat menyampaikan materi pelajaran matematika:
1. Berpakaian yang santun, sopan dan rapih
Berpakaianlah yang sopan sesuai dengan standar model/bentuk yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, karena sekolah biasanya punya regulasi tesendiri tentang pakain para gurunya. Seandainya ingin melakukan modifikasi dari model yang telah ditentukan, maka lakukan sepanjang tidak melanggar aturan dan  jangan pula terlalu berlebihan.  Sepakat kan, pakaian yang bagus tidak harus terbuat dari bahan yang mahal, akan tetapi ada keserasian antara warna, model dan kondisi/bentuk tubuh kita. Tentunya jangan pula seronok. 
2. Bagi wanita, gunakan make-up sewajarnya 
Kalau yang ini khususnya untuk para guru wanita. Wanita dengan profesi apapun (termasuk guru tentunya) identik dengan make-up. Gunakan make-up secukupnya (tidak berlebihan). Jika perlu menggunakan lipstik, maka gunakanlah lipstik dengan warna yang tidak mencolok dan tentunya serasi serta tidak berlebihan. Tidak salah juga mempergunakan pemerah pipi, namun juga tetap harus disesuaikan dengan warna kulit wajah dan tidak berlebihan. Tentunya tidak sama kan make-up yang kita gunakan saat mengajar dengan saat hadiri pesta perkawinan. Anda ga suka juga kan jika disebut menor saat mengajar.
3. Jaga kebersihan  mulut
Nah, mengajar membuat Anda sering berbicara dan berkomunikasi dengan siswa, makanya menjaga aroma bau mulut agar tetap normal menjadi keniscayaan. Hindari makanan pemicu bau mulut saat akan mengajar, seperti bawang atau jengkol (jika Anda menyukai makanan ini, ada tempat dan waktu yang tepat kan?). Yang tidak .kalah pentingya adalah menjaga kebersihan daerah sekitar mulut. Beberapa cairan kumur penghilang bau mulut mungkin bisa Anda gunakan. Ga ada salahnya pula ngaca sebelum mengajar karena barang kali ada sisa makanan yang tersisa pada gigi Anda. 
4. Rambut yang rapih
Rambut yang rapih juga perlu menjadi perhatian guru. Khususnya bagi guru laki-laki, rambut yang panjang cenderung tidak rapi dan membawa kesan awut-awutan dan tidak terawat. So, potonglah rambut dengan gaya kesukaan Anda (namun tetap wajar) secara rutin. Bagi guru perempuan yang berjilbab, sesuaikan warna jilbab dengan warna pakaian.
5. Gunakan parfum seperlunya
Pada saat mengajar mungkin Anda perlu berdekatan dengan siswa. Ga lucu kan kalau anak-anak didik Anda rasan-rasan dengan teman sekelas bahwa bau badan sang guru tidak enak. Maka gunakanlah parfum sekedarnya untuk memberi aroma tubuh yang enak. jangan pula berlebihan, karena tentu akan menjadi bahan pembicaraan siswa-siswa Anda.
6. Jaga kebersihan wajah/muka
Nah, ini juga penting, wajah kotor penuh dengan jerawat  (kecuali telah diusahakan tapi jerawatpun masih) tentu merupakan pemandangan yang tidak enak.Selalu bersihkan dan
rawat wajah Anda selain agar tampak bersinar tentu akan memberi aura yang positif.
7. Jangan lupa, jaga kebershan anggota badan lainnya
wajah, make-up dan pakaian sudah oke, namun ga lucu kan ketika jari Anda menunjuk buku siswa ternyata diujung kukunya ada kotoran karena kuku kita yang panjang dan tidak terawat. Wah, Anda bisa digeneralisasi oleh siswa kalau termasuk orang yang tidak bisa merawat tubuh dan tidak peduli dengan kebersihan. So, lakukan secara berkala memotong, merapikan dan membersihkan kuku.
8. Kuasai materi dan cara mengajar
Point angka 1 sampai dengan 7 akan sia-sia jika Anda tidak menguasai materi pelajaran matematika dan cara menyajikan materi dengan baik dan benar. Ingat Anda bukan model lo, tapi seorang guru. Jadi persiapkan materi dan gaya mengajar Anda dengan seksama dan serius.
Guru yang rapih dan menawan pasti akan menimbulkan kesan pada siswa yang membuat siswa akan menyukai dengan apa yang disampaikan sang guru. So, mari kita buat anak belajar menyukai matematika, dengan memulai dari diri kita. Salam....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar