Selasa, 29 Mei 2012

Tahukah Anda Ada Manusia Yang Kebal Terhadap Infeksi HIV?

Tahukah Anda Ada Manusia Yang Kebal Terhadap Infeksi HIV?


AIDS merupakan penyakit menular yang sangat ditakuti banyak orang. Hal ini disebabkan masih belum ada obat untuk penyakit menular ini. AIDS adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus Human Immunodefficinecy Virus (HIV). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV dimana terjadi penurunan daya tahan tubuh yang sangat drastis sehingga menyebabkan infeksi penyakit lain yang sebenarnya ringan pada orang sehat menjadi berat pada orang yang terkena AIDS.
Tahukah Anda ada beberapa orang di muka bumi ini yang kebal terhadap infeksi HIV? Sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa menemukan fakta unik bahwa ada beberapa manusia di muka bumi ini yang tidak bisa terkena HIV. Adalah gen CCR5 yang membuat orang bisa terinfeksi HIV. Gen ini mengkode protein reseptor pada sel T dimana reseptor ini adalah pintu masuk virus penyebab AIDS ini. Mutasi pada gen ini (untuk selanjutnya disebut delta CCR5) menyebabkan orang kebal terhadap infeksi HIV. Hal ini disebabkan reseptor yang dihasilkan oleh gen yang cacat ini mengalami cacat juga, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya virus HIV tidak bisa menginfeksi sel T, sel utama yang menjadi target virus.
Pada penelitian yang dilakukan di Eropa, sejumlah 788 orang di Eropa diskrining dan ternyata terdapat 647 orang yang mempunyai gen CCR5/CCR5, 134 orang mempunyai gen CCR5/deltaCCR5, dan 7 orang yang mempunyai gen deltaCCR5/deltaCCR5. Tujuh orang ini sepertinya kebal terhadap infeksi virus HIV.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar