Selasa, 08 Mei 2012

Tips Meredakan Kebosanan dalam Belajar


Tips Meredakan Kebosanan dalam Belajar




Bosan belajar? Wah, gawat! Kapan pintarnya kalau Anda yang kebetulan pelajar , jadi bosan belajar? Katanya  pengin pintar, mau jadi dokter, pilot, pengusaha sukses, guru dan lain sebagainya. Hm, masih ada nggak yang bercita-cita jadi guru? Tentu saja ada! Mungkin banyak yang bercita-cita jadi guru, apalagi sejak adanya sertifikasi guru.

Tapi memang, tak bisa dipungkiri. Kadang-kadang siswa merasa bosan belajar.  Di sekolah dan di rumah. Sebagai siswa atau sebagai siapa saja, rasa bosan itu pasti ada. Itu alamiah! Siswa bosan belajar! Guru juga ada yang bosan mengajar! Bosan menghadapi siswa bandel kali. Ibu rumah tangga bosan di rumah terus! Penjaga toko, warnet atau kanter bosan duduk melulu!. Admin blog swara pendidikan, bosan dengan duit...!!! Bosan dengan duit? Bukan, bosan sering kekurangan duit!!!  

Kebosanan dalam belajar, umumnya disebabkan oleh rutinitas belajar. Atau karena model belajar yang monoton  Di sekolah misalnya, mulai belajar pukul 7.30 WIB dan berakhir pukul 14.00 WIB. Hal itu berlangsung terus menerus saban minggu, semester dan saban tahun. Begitu pula di rumah. Pulang sekolah tidur, malamnya buat PR seabrek banyaknya. Hal itu juga berlangsung setiap minggu, semester dan tahun. Inilah yang dimaksud rutinitas.    

Bagaimana upaya meredakan kebosanan dalam belajar? Berikut ini tips sebagai alternatif dari admin swara pendidikan, antara lain :        

1. Gunakan jam istirahat sebaik mungkin.
 Kalau istirahat, ya istirahat. Jangan bergelut, berteriak atau jalan kesana kemari menguras energi. Sebaliknya, hirup udara segar di luar kelas,  sambil melihat ke arah tanaman atau tumbuhan hijau. Hal ini sangat penting untuk mengendorkan saraf yang tegang. Refreshing seperti ini gampang dilakukan kalau kita mau.         

2. Aktif dalam belajar di ruang kelas.
 Kalau kita hanya sebagai pendengar saja atau malah melamun di dalam kelas, akan cepat bosan. Aktif bertanya atau menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas bersama guru. Kemudian jangan lupa mencatat materi pelajaran yang penting saja. 

3. Rapikan dan hias segala yang berkaitan dengan suasana  dengan belajar.
Orang lebih senang dan betah melihat sesuatu yang bagus dan rapi. Iya, kan? Makanya, tempat belajar di sekolah maupun di rumah di rapikan. Kalau perlu dihias seindah mungkin. Sehingga Anda menjadi nyaman untuk belajar. Di rumah, Bagi yang hobi musik, mungkin bisa menyetel radio atau musicplayer dengan lagu-lagu slow. Nah, ini lagi. Buku catatan harus lengkap, rapi tulisannya, kalau perlu diberi sampul berwarna-warni sehingga betah Anda melihat dan membacanya.      

4. Refreshing.
Sekali-sekali Anda perlu penyegaran (refreshing). Misalnya, Jalan-jalan sore (JJS) meskipun pakai kendaraan. Wah, itu cuci mata namanya.  Pergi liburan di hari libur ke tempat yang disukai, mengunjungi nenek atau guru, atau teman lainnya.       

Begitulah tips ringan untuk meredakan kebosanan dalam belajar. Tentu saja masih ada tips-tips lainnya, silakan lakukan sesuai kemauan dan kemampuan Anda. Boleh melakukan cara-cara tersendiri dalam meredakan kebosanan dalam belajar.* Yang tidak boleh adalah...bosan dalam belajar!***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar