Selasa, 22 Mei 2012

Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas

Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas



Membeli mobil bekas menjadi pilihan utama sebagian masyarakat Indonesia. Tak ada salah dan ruginya. Karena jika dicermati, harga relatif lebih murah, bahkan bisa dilakukan sistem angsuran, atau mungkin menggunakan tukar tambah ang dapat juga meringankan biaya.

Golongan menengah ke bawah semakin terbanu dengan adanya syarat administrasi yang lebih mudah. Namun demikian, Anda tetap harus waspada akan bahaya mobil curian yang dijual serta kondisi mobil yang sebenarnya. Karena salah satu kekurangan membeli mobil bekas adalah kondisi mobil yang ternyata tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Artinya kualitasnya mungkin ternyata tak sesuai harga yang ditawarkan atau ternyata terdapat cacat yang disembunyikan.

Jika Anda berencana membeli mobil bekas, ada beberapa hal wajib yang utama diperiksa yaitu kelengkapan dan keaslian surat dokumen dan kondisi kendaraan yang sebenarnya. Untuk bagian kelayakan kendaraan, Anda dapat memeriksa beberapa bagian mobil berikut.

Mesin
Bukalah kap atau penutup mobil. Perhatikan dengan seksama. Hidupkan mesin dan amati apakah lampu indikator tekanan oli segera mati karena hal tersebut pertanda mesin masih bagus. Kemudian dengarkan buny mesin. Mobil yang baik akan memiliki suara mesin yang halus dan rata. Saatnya melihat bagian knalpot dan pastikan untuk mendapatkan mobil yang baik dengan asap yang tidak berwarna hitam atau biru.

Body
Cobalah naikkan salah satu roda ke tempat yang lebih tinggi, lalu buka semua pintu dan kembali menutupnya. Ketika pintu tertutup tidak semprna maka itu merupakan tanda bahwa mobil pernah mengalami tabrakan, tentu saja itu bukan mobil pilihan Anda.

Karat pada mobil
Periksa seluruh bagian mobil dan pastikan tidak ada karat pada jendela, pintu, atap, spion dan antena radio. Lalu pastikan semua bagian nampak rata dan halus. Jika menemukan bagian yang mencurigakan, sebaiknya Anda langsung tanyakan pada pemiliknya

Ban
Ban yang sudah aus maka permukaannya nampak seperti gundul. Jika permukaan ban nampak tidak rata maka hal tersebut menunjukkan ada masalah pada bagian roda maupun suspensinya.

Bagian lainnya
Periksa kondisi ban serep, kemudian tak lupa mengecek bagian kemudi dan pastikan tidak ada bunyi aneh yang mencurigakan. Selanjutnya memeriksa jok atau alas duduk, serta diikuti aksesoris lain seperti AC, power window, power steering, dan radio.

Sebaiknya Anda teliti memilih mobil. Walapun terkesan rumit dan tidak praktis, namun lakukan hal tesrbut demi kenyamanan Anda berkendara. Semoga mendapatkan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar