Selasa, 08 Mei 2012

Pilih Laptop atau Netbook?

Pilih Laptop atau Netbook?

Saat ini, laptop dan netbook sudah dimiliki hampir setiap orang. Banyak fungsi yang ditawarkan dari kedua gadget tersebut. Mulai dari keperluan kerja, bermain game, atau hanya untuk sekedar ber-Internet ria saja.

Banyak teman saya yang masih keliru dan bahkan tidak tahu perbedaan antara laptop dan netbook. Mereka lebih mengenal kata laptop ketimbang netbook yang mungkin masih cukup asing di telinga mereka.

Antara laptop dan netbook sangat berbeda. Baik dari segi layar, fisik, spesifikasi, dan tujuan pembuatannya. Laptop biasanya digunakan untuk komputasi yang memerlukan spesifikasi yang tinggi semacam mengedit video, mendesain gambar, ataupun keperluan penelitian. Biasanya digunakan oleh para eksekutif-eksekutif, desainer, editor, dll.

Sedangkan netbook, digunakan untuk komputasi ringan saja semacam mengetik, mengakses Internet, mendengarkan lagu, dll. Netbook sangat cocok digunakan oleh para pelajar maupun mahasiswa. Dengan ukurannya yang kecil, praktis, dan bisa dibawa kemana-mana dengan mudah, membuat netbook bisa mengakomodir mobilitas seorang mahasiswa yang sangat mobile. Harga yang cukup terjangkau dan ringan menjadi nilai plus di mata pelajar.

Jika Anda masih bingung, saya beberkan sedikit gambaran tentang perbedaan antara laptop dan netbook.

Laptop
- Biasanya ukuran layarnya antara 12-14 inci
- Spesifikasi cukup tinggi
- Harga cukup mahal
- Waktu standby berkisar 2-4 jam

Netbook
- Ukuran layarnya berkisar 9-10 inci
- Spesifikasi standar (untuk keperluan komputasi dasar)
- Harganya cukup murah (berkisar dibawah Rp3 juta)
- Waktu standby lebih lama sekitar 4-8 jam

Semoga apa yang saya beberkan diatas bisa membantu Anda yang masih sulit membedakan atau belum tahu tentang perbedaan keduanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar