Selasa, 08 Mei 2012

Mengapa Kita Harus Mengingat Mati?

Mengapa Kita Harus Mengingat Mati?
Banyak orang yang tidak mau bicara atau membaca tulisan tentang kematian. Bagi mereka kematian bukan sesuatu hal yang asyik untuk didiskusikan. Mereka tidak mau teringat mati ketika sedang enjoy ngobrol atau santai sambil internetan. Padahal setiap yang bernyawa pasti akan mati. Tak diragukan lagi kematian pasti akan datang menjemput semua orang.
Mengingat mati adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan. Ada beberapa manfaat dari mengingat mati yaitu:
1. Bersyukur. Kita harus bersyukur masih diberi nikmat sehat dan umur panjang. Bisa jadi ada keluarga, saudara atau teman kita yang usianya lebih muda tapi sudah dipanggil Yang Maha Kuasa. Mungkin kita masih diberi kesempatan untuk lebih banyak berbuat kebaikan.
2. Introspeksi diri. Momen mengingat mati seharusnya menjadi sarana introspeksi diri. Siapkah kita meninggalkan dunia ini? Siapkah kita meninggalkan keluarga yang kita cintai? Bekal apa yang akan kita bawa ke sana? Dengan introspeksi ini, kita harus memperbaiki diri.
3. Menghilangkan kesombongan. Ada orang yang begitu membanggakan dirinya yang gagah, kaya, pintar, ganteng dan sebagainya. Padahal itu hanya sementara saja. Jika kematian sudah datang, kekayaan dan segala kelebihan diri sudah tak lagi berarti. Mengingat mati akan membuat kita tersadar, tak ada yang patut disombongkan. Apapun yang kita miliki tak akan bisa dibawa mati.
4. Semangat hidup. Mengingat mati menjadi saat istimewa untuk meningkatkan semangat hidup kita. Hidup ini indah dan  berharga. Jangan sampai berlalu dengan sia-sia. Hidup ini hanya sekali, mari kita nikmati dengan berbagi.
Manusia perlu momen tertentu untuk mengetuk pintu hatinya. Membuka ruang kesadaran bahwa dunia ini hanya sementara bukan selamanya. Mari kita sering mengingat mati agar hidup lebih berarti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar