Selasa, 08 Mei 2012

Pentingnya Menjaga Kebugaran Fisik

Pentingnya Menjaga Kebugaran Fisik



Kapan terakhir kali Anda berolah raga? Jawabnya bisa sehari yang lalu, atau seminggu yang lalu dan bisa juga sebulan yang lalu atau mungkin enam bulan yang lalu. Faktor kesibukan menghadapi pekerjaan yang sangat menyita tenaga dan pikiran kadang membuat kita menjadi sangat malas bergerak yang akibatnya tubuh mulai mengalami penurunan daya tahan.
Masih lekat dalam kenangan kita tentang Pak Gondrong Widjajono yang menjadi Wakil Menteri ESDM dan dilantik oleh Presiden SBY beberapa bulan lalu. Kenangan itu juga selekat ketika Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Prof Dr Widjajono Partowidagdo tutup usia, dalam sebuah ekspedisi pendakian Gunung Tambora di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Selama hidupnya, Widjajono memang dikenal sebagai pendaki gunung.
Kepergiannya yang tiba-tiba tentu saja mengundang banyak tafsir, bahkan ada yang menduga adanya ketidak wajaran. Namun menurut dokter spesialis kebugaran, Bahrumsjah Sjahruddin, untuk mendaki gunung, standar yang harus dipenuhi adalah standar fisik kebugaran. Jika secara fisik tidak ada masalah, seseorang akan mampu melakukan pendakian dengan lancar. 
Bahrumsjah memahami kalau Wamen Widjajono merupakan seorang yang gemar olahraga dan sering melakukan pendakian. Namun, Bahrumsjah menyatakan kondisi kesehatan Widjajono sebelum pendakian juga penting untuk diketahui.
Menurutnya, jika sebelumnya orang yang rutin berolahraga, kemudian tidak berolahraga selama 10 sampai 12 pekan, maka kekuatan, kebugaran dan kemampuan fisik seseorang akan melorot hingga 50 persen. "Jika 6 bulan tidak berolahraga, kemampuan fisiknya bisa seperti orang yang tidak pernah berolahraga," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar