Selasa, 08 Mei 2012

Pentingkah Antivirus Untuk Jejaring Sosial?

Pentingkah Antivirus Untuk Jejaring Sosial?

 

 

Antivirus untuk komputer itu biasa. Namun, jika antivirus itu dipasang di jejaring sosial? Pernahkah Anda mendengar hal ini?

Dewasa ini, virus menjadi momok yang membahayakan pengguna Internet. Tidak hanya virus, ada 'kerabatnya' seperti wormtrojan, dan lain-lain. Untuk itulah, para vendor software antivirus terus berlomba untuk menciptakan antivirus yang handal dan mampu melindungi usernya, baik yang gratisan, maupun yang berbayar.

Antivirus untuk komputer memang sangat penting menurut saya. Karena penyebaran virus dapat terjadi jika mencolokan flashdisk yang terinfeksi virus. Jika suatu komputer tidak ada antivirus, dapat dipastikan banyak sekali virus yang berkembang biak di komputer tersebut. Lain halnya jika dipasang antivirus. Dengan metode-metode tertentu, antivirus bisa mendeteksi dan menghilangkan virus tersebut. Walaupun tidak 100% terlindungi.

Namun, jejaring sosial pun tidak lepas dari ancaman malware. Bagaimana caranya?

Phishing, merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk menginfeksikan virus kepada komputer lewat jejaring sosial. Dengan mengirimkan link, yang jika dibuka oleh usermalware tersebut akan menyebar ke komputer Anda. Memanfaatkan ketidak-tahuan user dan sedikit tipu daya, pelaku phishing bisa membujuk calon korban untuk mengklik link tersebut.

Karena hal ini, banyak pabrikan antivirus mencoba membuat antivirus khusus jejaring sosial. Fitur yang ada, menurut saya adalah: anti phishingscan URLscan virus online, dll.

Dengan memperkirakan fitur yang ada, sebenarnya hal itu bisa dihindari jika kita teliti dan berhati-hati, meskipun tidak dipasangi antivirus (jika seandainya ada).

Setahu saya, ada salah satu vendor antivirus yang menyediakan antivirus untuk jejaring sosial, yaitu McAfee. Namun, saya belum mendengar kabar lagi tentang antivirus ini. Tetapi, jika antivirus ini sudah ada dan memasyarakat, apakah Anda ingin memasang antivirus jenis ini?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar