Selasa, 08 Mei 2012

Menjalin Pertemanan

Menjalin Pertemanan

Kalau kau ingin dicintai, mencintailah, dan jadilah orang mudah dicintai
-Benyamin Franklin-

Manusia adalah makhluk sosial. Karena itu, manusia perlu dan harus berhubungan dengan manusia lainnya. Jangankan dengan sesama manusia, dengan hewan dan tumbuhan pun manusia harus berhubungan. Tentunya, hubungan tersebut disesuai dengan situasi dan kondisi serta dengan siapa kita berhubungan. Sebabnya, adalah agar kita dapat membina hubungan tersebut dengan baik. Dengan orang yang lebih tua dari kita, dengan sesama kita, atu dengan yang lebih muda dengan kita tentu berbeda cara berhubungannya. Berhubungan dengan pejabat Negara tentu berbeda dengan cara kita berhubungan dengan petani dan nelayan. Semua itu dimaksudkan agar hubungan yang kita jalin dapat berjalan dengan baik.
Dalam berhubungan dengan orang lain, diperlukan cinta. Kenapa? Karena dengan cinta semua akan berjalan dengan indah dan baik. Coba kita bayangkan sebuah hubungan yang penuh dengan curiga, syak-wasangka, atau hubungan yang dilakukan dengan intrik dan niat jahat. Semua tentu memberikan pengaruh yang buruk buat kita. Karena itu, cinta diperlukan dalam sebuah hubungan.
Berhubungan dengan orang lain harus juga memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut diantaranya adalah, pertama. Kita harus mampu mengidentifikasi kepada siapa kita berhubungan. Apakah mereka memberikan energi positive atau bahkan energi negataiv bagi kita. Ini penting agar hubungan yang kita bina memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita.
Foto; dok. pribadi
Kedua. Menemukan kembali cara berhubungan dengan keluarga atau teman yang selama ini terabaikan. Keluarga merupakan unsur yang penting dalam hidup kita. Entah itu keluarga dekat atau bahkan mereka yang ebrada jauh dari kita. Mereka harus dihubungi kembali untuk mengikat tali persaudaraan. Seringkali, karena alasan sibuk dan sebagainya, kita melupakan saudara kita. Segera hubungi dan eratkan kembali persaudaraan kita. Hubungan dengan teman juga perlu dipupuk kembali. Entah itu hubungan yang sudah erat dan dekat atau yang berada nun jauh disana. Teman-teman itu merupakan asset bagi kita dalam memberikan bantuan ketika diperlukan. Selain itu, teman merupakan kerabat jauh yang harus didekatkan agar memberikan manfaat besar kita dan teman kita.
Ketiga. Membentuk hubungan baru. Kita tidak pernah tahu nasib apa yang akan kita jalani pada masa-masa yang akan datang. Dengan semakin banyaknya teman diharapkan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan ini. Untuk itu, kita harus mau berusaha untuk menambah teman setiap hari. Selanjutnya kita bina hubungan dengan mereka dengan saling member kabar. Mereka yang baru kita kinal mungkin memiliki apa yang tidak kita miliki. Atau mereka tidak memiliki apa yang kita miliki. Dengan demikian, hubungan timbale balik antara kita dengan teman baru kita akan semakain intens.
Ketiga hal diatas apabila didasari dengan cinta akan memberikan harapan bagi masa depan kita. Sebagai ungkapan Benyamin Franklin diatas, kalau kita ingin cintai, maka mencintailah, dan jadilah orang mudah untuk dicintai. Artinya, kita harus mau menerima siapa saja teman kita dengan segala kekurangan dan kelebihannya, serta mencintai mereka dengan tulus dan ikhlas. Jadi, sudahkah Anda mencari baru hari ini? Semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar