Minggu, 27 Mei 2012

Mengenal Makanan Pemicu Pusing/Sakit Kepala

Mengenal Makanan Pemicu Pusing/Sakit Kepala. Sakit kepala, hampir semua orang pernah mengalami pusing atau sakit kepala. Namun, tak jarang penyakit ini dianggap remeh, seolah bukan penyakit. Orang-orang yang menganggap remeh sakit kepala, tanpa pikir panjang, langsung mengonsumsi obat pereda sakit kepala. Tentu saja, ini bukan berdasarkan resep dokter atau ahli kesehatan lainnya. Namun, berdasarkan informasi di media massa seperti televisi dan yang lainnya.
Masalahnya, bagaimana jika sakit kepala tersebut datang setiap saat? Atau, datang secara rutin dalam waktu-waktu atau peristiwa tertentu? Tentu saja, setiap orang tidak ingin merasakan sakit kepala, apalagi menjadi kecanduan sakit kepala.
Para ahli menjelaskan bahwa sakit kepala yang datang secara rutin sebenarnya bersumber dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari serangan sakit kepala adalah menghindari makanan-makanan yang dapat membuat pusing kepala Anda, atau makanan pemicu timbulnya serangan sakit kepala.
Lantas, apa saja makanan pemicu timbulnya serangan sakit kepala itu? Berikut adalah 4 makanan yang diidentifikasi sebagai “penyebab/biang keladi” sakit kepala.

Cokelat

Jika Anda memiliki alergi terhadap cokelat, maka Anda mungkin akan merasa pusing, meskipun Anda hanya mengonsumsi dalam jumlah sedikit. Phenylethylamine dan theobromine adalah dua komponen di dalam cokelat yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga rasa sakit pada kepala dapat muncul sesaat setelah Anda mengonsumsinya.

Junk food

Bahan utama dari junk food adalah mono sodium glutamat yang merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Selain itu, usus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mencerna junk food. Ini yang membuat aliran darah menjadi lebih cepat menuju otak hingga muncul sakit kepala.

Keju

Tak banyak orang yang tahu bahwa keju mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, protein memproduksi tyramine, zat yang menyebabkan pusing, atau dalam istilah lainnya disebut “cheese effect”. Jadi, pastikan jenis keju yang Anda konsumsi. Dan, pastikan pula bahwa Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Kopi

Hampir semua orang menyukai kopi. Namun, hanya sedikit yang mengetahui bahwa kopi merupakan salah satu pemicu timbulnya sakit kepala. Uniknya, kopi dapat bekerja dengan dua cara yang berlawanan; mengobati pusing dan bisa juga menjadi alasan utama pemicu pusing. Campuran kafein dan magnesium inilah yang bisa menjadi penyebab serangan sakit kepala.
Okay, itu saja makanan pemicu/penyebab timbulnya serangan sakit kepala yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui ragam makanan ini, berarti Anda telah satu langkah lebih cepat untuk menghindari sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar