Minggu, 27 Mei 2012

Membiasakan Diri Untuk Menabung

Membiasakan Diri Untuk Menabung



Menabung rata-rata sulit dilakukan sebagian orang, terlebih bagi wanita. Banyaknya godaan untuk menguras isi kantong membuat tabungan menjadi kosong melompong. Karena itu penting untuk dilakukan semacam pembelajaran menabung sejak dini di usia kanak-kanak.

Ada juga yang meremehkan untuk menabung. Beberapa kalangan lebih puas menyisakan uang dalam jumlah besar kemudian dipakai lagi karena merasa menyisihkan tabungan sedikit demi sedikit secara berkala membutuhkan kesabaran ekstra yang tidak dimilikinya. Padahal ungkapan “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” ada benarnya. Tabungan akan menunjukkan hasilnya sesuai berjalannya waktu asal Anda rutin walapun jumlah yang Anda setorkan untuk mebung hanya sedikit.

Tabungan sendiri memiliki banyak fungsi. Selain sebagai cadangan keuangan, Anda dapat memakainya di waktu-waktu yang tak terduga seperti ketika sakit. Dengan tabungan Akan lebih memudahkan Anda untuk berhemat dan tidak membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat memudahkan Anda untuk menabung.

Mencatat keperluan sebulan
Dalam sebulan, catatlah kebutuhan yang akan Anda beli. Setelah semua tercatat tanpa terkecuali sekecil dan seremeh apapun itu, lalu buatlah daftar skala prioritas dengan nomor urutan yang paling penting Anda catat di bagian nomor awal atau diatas. Lakukan kalkulasi dan perkirakan berapa pengeluaran keseluruhan dibandingan dengan pendapatan Anda. Sebaiknya Anda mencoret yang tidak penting. Lalu catatlah jumlah wajib yang harus Anda tabung di setiap waktu-waktu tertentu.

Selesaikan utang
Adakan perbenahan dalam sistem keuangan Anda, jika terdapat hutang, maka sebaiknya Anda tutupi kekurangan itu. Dengan melunasi hutang maka Anda tak akan memiliki semacam hambatan lagi untuk menabung.

Pertahankan kedisiplinan

Meskipun jumlah yang Anda sisakan tak seberapa dan tidak sama besarnya, yang penting Anda lakukan secara disiplin dalam rentang waktu yang telah Anda tetapkan misalnya seminggu sekali. Jangan sampai Anda terlena untuk tidak menabung. Jika perlu Anda dapat membuat semacam poster impian agar membuat Anda lebih semangat menabung.

Motivasi diri dengan target
Menabung tak hanya berguna untuk beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan. Menabung juga ada kaitannya dengan masa depan. Anda harus memotivasi diri Anda, jika perlu mintalah bantuan keluarga atau kekasih. Buatlah target yang jelas tujuan Anda menabung dan biarkan mereka melakukan tugasnya untuk menyemangati Anda.

Sisakan untuk keperluan pribadi
Agar semakin mudah menabung, sebaiknya Anda menyisihkannya di awal bulan. Dan berikan sedikit anggaran untuk bonus pribadi sebagai cadangan dan tak semudah itu dapat Anda gunakan untuk berfoya-foya. Ini semacam menjadi tabungan pribadi bagi Anda ketika uang yang Anda tabung telah tersimpan dengan baik.

Menabung akan semakin mudah jika Anda menyadari manfaatnya, memiliki target yang jelas dan mendapatkan bantuan dari lingkungan. Maka sebelum terlambat, sisihkan uang Anda untuk masa depan Anda sendiri, dan juga latih anak Anda untuk membangun masa depan mereka dengan menabung. Semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar