Selasa, 08 Mei 2012

Lima hal penting dalam berusaha

Lima hal penting dalam berusaha


Setiap orang tentunya ingin sukses dengan apa yang menjadi rencana dalam menggapai usahanya, entah sukses dalam bekerja atau menjalankan usaha sendiri  menjadi seorang entrepreneurship
Tetapi sayangnya karena kita kurang cerdas dalam memahami dan mempraktekan hal-hal yang di anggap perlu untuk dipersiapkan, maka banyak sekali yang gagal dan akhirnya putus asa dalam berusaha.
di artikel berikut ini saya mencoba menulis tentang 5 ( lima ) hal penting dalam berusaha khususnya buat mereka yang sedang merintis dan terus berusaha lebih baik dalam menjalankan usahanya.
Memang sudah banyak yang membahas tentang kiat dan tips seperti ini, tetapi mudah-mudahan ini menambah khasanah pengetahuan dan semangat dalam berusaha.

Lima hal penting dalam berusaha ini merupakan kesimpulan saya pada saat bertemu dan ngobrol dengan seorang figure pengusaha yang cukup sukses dalam menjalankan usahanya.
Berikut ini adalah 5 ( lima ) hal dalam berusaha :
1. KEMAMPUAN DAN KEKUATAN
ini merupakan modal awal yang harus kita punya, kemampuan dan kekuatan ini antara lain adalah : Ketrampilan ( Skill ) atau keahlian di bidang tertentu, bakat, dan juga kekuatan modal uang atau fasilitas.
Namun kekurangan modal uang tentunya bukan merupakan faktor yang menjadi penghambat besar dalam tahapan ini, karena berdasarkan pengalaman dari mereka yang sukses justru mereka awalnya minim dalam hal keuangan dan fasilitas.
Dengan menjadi orang yang dapat dipercaya dan jujur dalam menjalankan usaha juga merupakan modal kemampuan atau kekuatan.
2. KETEKUNAN
Setelah kita merasa mempunyai kemampuan dan kekuatan, mari kita melangkah untuk menekuni ( tekun ) menjalankan usaha ini.
Ketekunan dan Fokus terus menerus walaupun mengalami jatuh bangun merupakan sebuah proses yang mesti dilewati.
Melihat pengalaman mereka yang akhirnya putus asa dan patah arang dalam berusaha sepertinya faktor inilah yang menjadi hal yang tidak mudah kita pahami dan kita praktekan, padahal kalau kita tetap tekun dan fokus walaupun badai menghantam suatu saat badai pasti akan reda.
3. KEDISIPLINAN
Setelah mempunyai kemampuan dan tekun, tentunya diperlukan kedisplinan dalam menjalankan usaha kita, diantaranya dengan disiplin waktu dan disiplin dengan aturan yang telah direncanakan
4. KEYAKINAN
Inilah sebuah tahapan yang akhirnya kita percaya diri,yakin dengan apa yang sudah dijalankan dan sesuatu yang membuahkan hasil.
Keyakinan yang semakin bertambah karena memiliki kemampuan, ketekunan dan kedisiplinan.
5. KONSEKUEN
Adalah sebuah sikap dan pemahaman yang mesti kita sadari bahwa apa yang sudah direncanakan dan dijalankan untuk mengambil sikap konsekuen dengan kenyataan yang di didapat.
Kalau kita berhasil jadilah tetap mengambil sikap rendah hati dan berbagi rejeki dan ilmu kepada sesama, karena apapun keberhasilan dan kehebatan kita tentunya masih membutuhkan bantuan orang lain, juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan yang maha pengasih dan penyayang.
Begitupula sikap konsekuen kita apabila kita mengalami kegagalan dalam berusaha, bukan berarti kita memarahi dan mengkambinghitamkan orang lain atas semua kegagalan itu..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar