Selasa, 08 Mei 2012

Faktor Yang Menyebabkan Ketergantungan Terhadap BlackBerry


Faktor Yang Menyebabkan Ketergantungan Terhadap BlackBerry

 

 


Pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia memang mulai terkikis oleh ponsel berlabel Android, Namun tak dapat dipungkiri bahwa BlackBerry masih merajai Indonesia dengan torehan 40% pengguna smartphone.

Ada beberapa fakta yang menarik, terkait dengan popularitas ponsel BlackBerry di Indonesia. Banyak orang mengelu-elukan BlackBerry sebagai sebuah ponsel yang mempunyai nilai prestis tinggi. Saking, "gengsinya" kebiasaan yang berbau BlackBerry menjadi sebuah ketergantungan bagi penggunanya ponsel besutan RIM tersebut.

Ketergantungan ini seolah tidak bisa diepaskan dalam sehari-hari. Pengguna BlackBerry bisa melihat lebih dari ratusan kali gadget kesayangannya itu.Di Indonesia sendiri, pengguna Blackberry lebih memilih untuk chat melalui aplikasi BBM dibanding bertemu secara langsung. Hal ini tentu saja berimbas buruk pada kondisi emosional penggunanya. Yang 

Lalu apa yang menyebabkan ketergantungan terhadap Blackberry bagi para penggunanya?
  • Suara notifikasi BlackBerry
Ketika mendengar suara notifikasi dari ponsel BlackBerry, sebagian besar pengguna di Indonesia akan selalu mengecek ponsel BlackBerrynya tersebut.
  • BBM (BlackBerry Messenger)
Chat atau messenger merupakan interaksi real time yang sifatnya seperti orang mengobrol, sehingga terus terjadi tidak seperti ketika kita sedang sms-an ada interval waktu yang cukup. Nah, ketika aplikasi BBM ini dijalankan maka ketika ada chat masuk akan membawa suara notifikasi pada BlackBerry. Sehingga aplikasi BBM ini mempunyai tingkat ketergantungan tinggi terhadap penggunanya.
  • Kebiasan
Kebiasaan sering mengecek pesan BlackBerry dan email merupakan salah satu faktor pemicu ketergantungan pada BlackBerry. ketika Anda terbiasa membelas pesan BBM secara cepat, maka pengguna BB yang sedang berinteraksi dengan Anda akan terus mengharapkan kebiasaan itu.
  • Simbol status
Keberadaan BlackBerry di Indonesia merupakan salah satu penunjuk identitas seseorang. Dengan harga yang masih relatif ponsel ini masuk dalam jajaran high-end. Sehingga, para pengguna BlackBerry di Indonesia akan merasa derajatnya lebih tinnggi dari pada pengguna ponsel lain.
  • Tuntutan Bisnis
Penggunaaan BlackBerry di Indonesia tak hanya sebatas untuk "gaya-gayaan" banyak yang memanfaatkan ponsel pintar ini untuk berbisnis. Nah, aktifitas bisnis yang harus selalu siap sewaktu-waktu menuntut pelaku bisnis yang menggunakan BBM sebagai komunikasi bisnisnya, tidak bisa lepas dari BlackBerry.

Apakah Anda termasuk pengguna yang punya ketergantungan tinggi pada BlackBerry ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar