Rabu, 02 Mei 2012

5 Pilihan Karir untuk Si Pemalu

5 Pilihan Karir untuk Si Pemalu

blogspot.com
Setelah lulus kuliah mau ngapain ya? Tentu itu yang terbersit dalam pikiran banyak mahasiswa. Ada yang memilih untuk melanjuti kuliahnya ke S2. Dan banyak pula yang memilih untuk bekerja. Namun untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok tidaklah mudah. Setiap pekerjaan membutuhkan kriteria yang berbeda – beda. Mulai dari latar belakang pendidikan, kemampuan, pengetahuan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah kepribadian. Kebanyakan spesifikasi yang dibutuhkan adalah harus mampu team work atau bekerja dalam tim, ada pula yang harus pintar ngomong, berani berbicara di depan public, dll. Nah, apakah ada pekerjaan yang cocok untuk Anda yang mempunyai kepribadian introvert atau pemalu?
Nah, Anda beruntung karena sebenarnya di luar sana banyak pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Menurut seorang Pembina karir professional, Curt Rosengren, seorang introvert cenderung mencari pekerjaan yang focus pada proses internal dan tidak berhubungan dengan banyak orang bekerja sama dalam sebuah tim. Orang dengan kepribadian introvert lebih menyukai bekerja sendiri, melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Mereka lebih menyukai untuk menikmati dan menghabiskan waktu sendiri.
Mari kita simak 5 pekerjaan berikut yang cocok untuk Anda yang pemalu menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat.

1. Programer Komputer

Apakah Anda lebih menyukai duduk berjam – jam di depan computer daripada berinteraksi dengan orang? Nah, programer computer adalah pekerjaan yang cocok untuk Anda!
Menurut Departemen Tenaga Kerja AS, seorang pemrogram komputer mampu menghabiskan waktu sendirian selama berjam – jam di depan komputer. Yang mereka lakukan adalah menulis dalam bahasa komputer seperti C++ dan Java untuk membuat program perangkat lunak. Selain itu, mereka juga melakukan uji coba terhadap kode – kode tersebut, mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan jika ada kesalahan dalam penulisan bahasa komputer.
Namun, dalam berkarir sebagai programmer komputer tentunya harus mempunyai skill atau kemampuan ahli dalam pemrograman komputer. Dalam perusahaan – perusahaan besar, tentunya yang dicari adalah lulusan – lulusan universitas ternama. Jarang sekali perusahaan besar memperkerjakan karyawan tanpa gelar sarjana untuk posisi ini. Beberapa jurusan di perkuliahan untuk berkarir di bidang ini, diantaranya sebagai berikut : Informasi Teknologi, Sistem Informasi, dll.
education.yahoo.net

2. Administrasi Pencatatan Medis dan Teknisi Informasi Kesehatan

Apakah Anda sebenarnya mempunyai minat untuk berkarir di bidang perawatan kesehatan? Tapi sebenarnya Anda tidak pandai bergaul atau berinteraksi dengan orang, dalam hal ini adalah pasien? Bila Anda tetarik dengan bidang ini, namun Anda merasa lebih nyaman untuk bekerja di balik layar, posisi menjadi seorang pencatat medis dan teknisi informasi kesehatan bisa menjadi pilihan yang tepat.
Seorang pencatat medis tidak perlu sering berinteraksi langsung dengan para pasien. Pekerjaan mereka hanyalah mencatat perkembangan kesehatan pasien. Sedangkan teknisi informasi kesehatan lebih banyak bekerja dengan teknologi dan sistem. Pekerjaan seorang teknisi lebih berhubungan dengan informasi kesehatan pasien, memastikan apakah informasi itu akurat dan up-to-date (terbaru). Para teknisi juga harus memastikan apakah informasi tersebut dapat diakses di kertas dan sistem elektronik. Selain cocok untuk orang yang berkepribadian introvert, pekerjaan ini juga membutuhkan orang dengan latar belakang pendidikan dalam bidang informasi kesehatan, keperawatan.
education.yahoo.net

3. Desainer Grafis

Apakah Anda seorang introvert yang kreatif? Anda mempunyai banyak ide – ide dalam pikiran Anda, namun lebih menyukai bekerja sendirian? Pertimbangkanlah karir sebagai seorang grafik desainer. Waktu dan tempat kerja seorang grafik desainer umumnya fleksibel. Anda mungkin bisa bekerja di rumah dan bekerja lepas waktu. Berarti Anda bebas untuk menemukan inspirasi dan ide Anda tanpa suasana bising dan rebut bila Anda bekerja di kantor. Bila bekerja di kantor, bunyi deringan telepon saja sudah bisa membuyarkan ide Anda dalam sekejap.
Bidang seorang grafik desainer mencampurkan seni dengan teknologi, yang artinya Anda tidak boleh gaptek dalam hal ini. Mereka dituntut untuk bisa mengkomunikasikan ide mereka kepada orang lain atau konsumen melalui suatu media. Biasanya media tersebut dapat kita temukan dalam bentuk brosur, iklan, website atau media pemasaran visual lainnya. Latar belakang pendidikan yang diharuskan adalah desain komunikasi visual, seni rupa, dll.,
education.yahoo.net
umetnost.org

4. Administrator Jaringan (Network)

Apakah Anda menyukai dan merupakan fans besar dari teknologi? Ataukah Anda menganggap diri Anda memiliki kemampuan professional dalam bekerja dengan teknologi tinggi? Namun Anda tidak menyukai berinteraksi dengan orang lain. Anda lebih memilih menghabiskan waktu seharian bekerja dan menghabiskan waktu sendirian di depan komputer. Berkarir sebagai Administrator Jaringan patut Anda pertimbangkan.
Tanggung jawab seorang administrator jaringan adalah mengatur, menginstal, dan mendukung sistem komputer suatu perusahaan. Mereka harus menjaga agar sistem nya itu up-to-date, terbaru. Apalagi perkembangan teknologi di jaman sekarang ini sangat pesat. Bila sistem tidak diperbarui secara berkala, maka akan ketinggalan zaman. Seorang administrator jaringan juga harus bisa mengatur perangkat keras jaringan beserta perangkat lunaknya, lalu mengumpulkan informasi untuk mengukur kinerja jaringan dan membuat upgrade atau versi terbaru sistem tersebut bila diperlukan, serta memperbaiki sistem yang rusak atau tidak berfungsi.
education.yahoo.net

5. Pembukuan

Apakah Anda lebih memilih untuk berkutat dengan angka – angka daripada harus berkomunikasi dengan orang lain? Mungkin pilihan lain yang tepat untuk Anda adalah di bidang pembukuan. Anda dapat berprofesi sebagai seorang Pemegang buku (bookkeeper).
Menurut Departemen Tenaga Kerja AS, tugas harian seorang bookkeeper adalah mendokumentasikan dan mencatat transaksi keuangan suatu perusahaan, menjaga agar laporan keuangannya up-to-date, dan memastikan keakuratan catatan keuangan perusahaan tersebut. Dalam hal ini, Anda harus mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi.
Syarat pendidikan untuk Anda yang ingin berkarir dalam profesi ini adalah dengan memperoleh gelar sarjana di bidang akuntansi, ekonomi, bisnis, dll. Selain itu, Anda juga dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi seperti spreadsheet, excel, database, dll.(Yahoo!/rei)
jobprofiles.org

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar