Selasa, 22 Mei 2012

kendaraan-kendaraan bersumber tenaga udara terkompresi

kendaraan-kendaraan bersumber tenaga udara terkompresi

Moped dibuat secara rumahan bergerak dengan udara bersih terkompresi 
sobatsepeda,pada tahun 2008 Jem Stansfield membuat moped , dengan memanfaatkan tanki untuk menyimpan udara terkompresi untuk menggerakkan sepasang rotary engine, yang menggerakkan ban belakang melalui rantai gear.Dikarenakan udara yang dipakai memanfaatkan dua tabungyang sama yaitu satunya tabung penyelam dan pemadam kebakaran, dan Stansfield pun mengatakan bahawa emisi kendaraan ini sebenarnya jauh lebih bersih dari pada udara reguler dikota-kota. Proses pengisian ulangnya pun begitu cepat , akan tetapi Moped hanya memiliki jarak tempuh maksimum sejauh 7 mil saja dan kecepatan maksimum hanya 18 mil/jam , cukup mendasar(wicak).
Kita bisa lihat sebuah tabung gas bisa dikonversi menjadi sesuatu yang lebih berguna untuk sebuah perjalanan meskipun berjarak  pendek, dan   Stansfield pun mengatakan selama ini bisa melakukan perjalanan bahkan membantu pekerjaannya selama ini sebagai jasa pengantar surat dengan sepeda ini , sepengetahuan blogger saat melihat Discovery channel .  Stansfield untuk mewujudkan ide yang bisa dibilang cukup gila dengan melakukan 4 kali visibility study , dan dua percobaan yang gagal , dan setelah itu dengan berbagai penyempurnaan dan pengembangan yang akhirnya membuahkan hasil dan berhasil(wicak)

MDI Air Pod

Pada musim semi 2009, Air France Industries dan KLM Engineering & Maintenance telah meluncurkan sebuah hasil percobaan selama 6 bulan berupa kendaraan bebas emisi dalam sebuah proyek  zero-emission compressed-air powered vehicles.
Yang dikembangkan oleh  MDI (Motor Development International), Kendaraan ini,dijuluki Airpod, yang didesain untuk mengankut penumpang untuk beban ringan atau menengah.Dilengkapi 4 seat dengan panjang kendaraan 2 meter dan berat 220 kg .Biaya operasional per kilometernya sangatlah rendah dengan kecepatan maksimum 40 mil/jam dan jarak tempuh maksimum sejauh 130 mil.Airpod merupakan kendaraan yang mungil dan lincah dengan putaran sangat kecil , dikendalikan dengan hanya satu tangan karena hanya dengan menggunakan sistimJoystick sebagai kontrol kemudinya(wicak).
Konsep mobil temuan Guy Negre oleh Tata Motors Ltd
Inilah yang kami lihat bagaikan sebuah mobil impian yang mungkin akan segara hadir yang merupakan karya seseorang penemu Perancis yang bernama  Guy Negre, Yang diharapkan Versi dari kendaraan bertenaga udara kompresi akan diproduksi di India pada tahun ini juga oleh Tata Motors Ltd. setelah 15 tahun penelitian dan membuahkan hasil dari sebuah penemuan (wicak).
Negre percaya kali ini waktu yang sangat tepat untuk merealisasi hasil desainnya dengan semakin melambungnya harga minyak bumi dunia hingga rekor tertinggi dan memaksa produsen kendaraan bermotor untuk meningkatkan efisiensi dari kendaraan yang diproduksi (wicak.
Hasil buatan anak perusahaan  Toyota Industries Corp. yang telah memecahkan rekor baru  untuk kecepatan kendaraan bertenaga udara terkompresi yang membuktikan bahwa teknologi hijau ini benar-benar dapat diandalkan dan menjadi pilihan yang layak sebagai penggerak untuk produksi kendaraan. Ku:Rin adalah sebuah kendaraan bertenaga udara terkompresiyang mencatatkan rekor baru untuk kelasnya dengan kecepatan 80.3 mil /jam pada sebuah track pengujian di  Japan Automobile Research Institute di Jepang. Menurut Toyota mereka akan mendaftarkan hasil catatan ini ke   the Guinness Book of World Records, yang merupakan kecepatan yang dijangkau dengan hanya benar-benar memanfaatkan kekuatan udara kompresi saja!
Honda dengan konsep mobil super ringan 
Kurang banyak informasi yang kami dapat tentang kendaraan super ringan satu ini , selain bersumber tenaga udara terkompresi dan buatan Honda .Kendaraan ini merupakan salah satu peserta pada all new Air Concept car, yang ikut memeriahkan the 2010 LA Auto Show Design Challenge competition. Selain sangat bebas emisi didesain sangat ringan dengan bobot mati kurang dari 1000 pon , dan kendaraan ini bisa mengangkut 4 orang penumpang (wicak).
Kendaraan bertenaga angin karya Nanjundaiah K
Setelah menciptakan sebuah mobil DIY(Do it your self) bersumber tenaga udara terkompresi , Nanjundaiah K,seorang mahasiswa manajemen dari sebuah desa dekat Banglore , yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat desanya dengan memanfaatkan tenaga angin .penemu bermaksud untuk menciptakan sebuah mobil perkotaan pertama bertenaga udara kompresi dan berencana untuk memanfaatkan teknologi ini untuk menggerakkan generator untuk mensuplay kebutuhan listrik didesanya (wicak).
Nanjundaiah menciptakan engin bertenaga udara kompresi dengan memanfaatkan berbagai bahan bekas. mesin bertenaga 8 tenaga kuda mengubah udara terkompresi menjadi energi yang bisa memutar roda kendaraan. Teknologi yang sama yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik yang bisa menerangi kurang lebih 25 rumah , apabila digunakan untuk memutar dynamo.yang mungkin akan segera direalisasikan 4 bulan kedepan(wicak).
Silver Rod yang tercepat didunia
Lompoc, California. — Mungkin inilah salah satu ide ilmuwan gila yang mewujudkan sesuatu yang sama sekali tidak terfikirkan oleh orang lain.disebuah tempat yang lumayan tersembuyi dibalik perbukitan dengan berbagai peternakan dan perkebunan anggur yang luas. terdapat sebuah Laboratorium penelitian yang mungkin semua orang mencari-cari keberadaannya selama ini. di bagian utara pedesaan California tepatnya di Santa Barbara County. dibalik semua yang tak terlihat , hanya bagaikan gudang kosong dan semak belukar tak berguna diman seseorang yang bernama Derek McLeish, yang dibantu oleh 3 saudaranya untuk membangun dan melanjutkan sebuah proyek pengembangan mobil bertenaga udara terkompresi tercepat didunia (wicak).
Untuk membangun mesin bertenaga udara kompresi miliknya , McLeish memulai dengan sebuah engine DOHC berukuran 998 cc, 4 katub , konvogurasi V 90 derajad dari Honda yang biasanya digunakan untuk penggerak Superbike tahun pembuatan 2000 sampai 2006 RC51.mereka memulai dengan tekanan 3500 psi pada setiap tanki penyimpanan untuk menggerakkan silinder yang membutuhkan tekanan udara estimasi sekitar 250 psi , yang dipastikan hanyamenempuh jarak sangat pendek dalam masa percobaan nanti, hanya sekiatr 2 mil saja. dan jikan mereka telah menyelesaikan trial pertama diharapkan sebuah rekor telah terpecahkan (wicak).
kecuali pada awal dry run terdengar suara chug-chug dan terlihat cukup baik pada kecepatan rendah .Setelah itu kecepatan bisa digeber oleh McLeish dengan Silver rod yang bertenaga udara kompresi tersebut dan telah mencapai top speed hingga 54.058 mil/jam . dan percobaan kedua kalinya mendapatkan kecepatan rata-rata 46.723 mil/jam dan dia telah memecahkan rekor tersebut(wicak).

Zero Pollution Motors
Zero Pollution Motors (ZPM) di Amerika
mencapai hingga 1000 mil untuk satu tangki gas ? atau 18 galon penuh untuk tangki gas ? mesin ini akan membuat semuanya menjadi serba mungkin , pertama dikenalkan lebih dari 10 tahun yang lalau oleh penemu perancis yang bernama  Guy Negre,hampir mirip dengan yang akan diproduksi oleh Tata motor diatas.kali ini diperkenalkan Zero Pollution Motors (ZPM) yang direncanakan untuk dirilis sebagai CityCAT, sebuah kendaraan yang bisa dinaiki 6 penumpang dengan memanfaatkan teknologi ini (wicak).
Pada wilayak timur laut Amerika awal 2010 .kapabilitas jarak dan kecepatan sebuah CityCAT dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan sedikit bahan bakar untuk memanaskan udara terkompresi dan meningkatkan tekanan angin yang ada . untuk mengisi ulang tangki udara kendaraan tersebut, sejauh ini masih berupa konsep dan konsep yang belum terealisasi secara nyata(wicak).
Implikasi: sebuah konsep awal yang sederhana mungkin terlalu sederhana untuk menjadi sempurna. akan tetapi sebuah perbaikan dan pengembangan sangat diperlukan oleh sebuah teknologi untuk lebih diterima masyarakat umum. seperti udara terkompresi ini kalau dilihat dari visibility study yang ada , kecenderungan yang dimiliki  beberapa orang akan menghentikan idenya yang terlihat konyol dan tanpa prospek sama sekali akan tetapi ditanga mereka semua menjadi mungkin dan nyata(wicak).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar